Preaload Image
  • Diperkirakan pada tahun 2010 hingga 2025, permintaan akan pekerja terampil di kawasan ASEAN akan naik sekitar 41% atau sekitar 14 juta orang. Separuh dari angka tersebut merupakan kebutuhan Indonesia dan disusul oleh Filipina dengan kebutuhan pekerja terampil sebesar 4,4 juta orang. Sesuai dengan skenario MEA, pada tahun 2025 di Indonesia akan terjadi kenaikan peluang kerja sebanyak 1,9 juta (sekitar 1,3 % dari total lapangan kerja)
  • Lulusan program studi D-III Perhotelan AKPAR NHI Bandung dapat bekerja pada bidang pariwisata, Hotel, restauran, kapal pesiar, Bank, Instruktur, front liner, jasa boga, penerbangan, maupun membuka usaha sendiri / wirausaha.
  • Penguasaan seluruh bidang profesi disertai pemahaman program operasional perhotelan dengan ‘On The Job Training’ di hotel berbintang selama dua semester, menjadi jaminan mutu dalam mengembangkan karier lebih tinggi hingga ke Top Level manajemen di berbagai industri.

Pola pembelajaran yang dilaksanakan di AKPAR NHI mengacu kepada Swiss Model Hotel School. Pola pembelajarannya satu minggu teori, satu minggu praktik, lama pembelajarannya dalam satu semester kurang lebih 21 minggu. Semester 1 dan 2 mahasiswa akan belajar teori dan praktik di kampus, pada semester 3 mahasiswa akan melaksanakan On The Job Training (Praktik kerja lapang di Hotel/Industri) selama satu semester atau 6 bulan. Semester 4 mahasiswa akan belajar kembali teori dan praktik di Kampus selama satu semester. Semester 5 mahasiswa akan melaksanakan On The Job Training ke dua (Praktik kerja lapang di Hotel/Industri) selama satu semester, selama On The Job Training ke dua mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan penelitian di tempat praktik sebagai bahan untuk laporan Tugas Akhir nanti, sehingga pada saat berakhir mahasiswa tersebut sudah mempunya permasahalan dan bekal untuk menyusun tugas akhir dan semester 6 mahasiswa belajar seputar manajemen operasional sekaligus menyelesaikan penyusunan tugas akhir.

  1. menghasilkan sumber daya manusia (lulusan) sebagai tenaga-tenaga profesional yang mampu memadukan antara kemampuan skill,disiplin, berdaya saing tinggi dan penguasaan manajemen yang berbasis pada standar kompentensi untuk bidang Operasional Perhotelan.
  2. Lulusan akan memiliki keunggulan dalam keterampilan, pengetahuan yang berkualitas dan memiliki integritas, kepribadian yang tinggi dan dasar pengetahuan, pandangan dan wawasan untuk menduduki posisi supervisor khususnya di bidang industri perhotelan di seluruh dunia.
  3. Memahami dasar-dasar pengetahuan di bidang perhotelan, manajemen, mengadaptasi sistem akuntansi & pengendalian untuk kepentingan sistem informasi perhotelan. Mampu dan terampil mengelola administrasi manajemen hotel (pemasaran, keuangan, operasi, dan sumberdaya manusia) sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
  4. Mampu dan terampil melaksanakan pencatatan transaksi keuangan perhotelan sesuai dengan standar yang berlaku, terampil menyusun laporan keuangan dan laporan informasi lain untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang perhotelan.
  5. Mampu menerapkan administrasi perhotelan dengan menggunakan sistim informasi manajemen sesuai dengan perkembangannya.
  6. Mampu berkomunikasi secara profesional dan memiliki pribadi yang unggul sebagai pendukung profesionalismenya.
  7. Menjalin jaringan kerjasama dengan asosiasi profesi dan industri di bidang jasa perhotelan
  8. Menganalisis rencana kebutuhan hotel, merencanakan prinsip-prinsip pengelolaan hotel dan menilai sumber dana & pemanfaatannya bagi hotel
  9. Mampu menciptakan peluang-peluang bisnis dalam berbagai sub sektor hospitaliti (manajemen acara hotel, dsb)

Beban Akumulatif dan Masa Studi